Contoh Menulis Berita dan Pembahasan

Judul berita : 83 Desa di Kebumen Alami Kekeringan

kekeringan

Isi berita : KEBUMEN, suaramerdeka.com – Sebanyak 84 desa di Kabupaten Kebumen saat ini mulai mengalami kekeringan. Sebagian besar desa yang berada di wilayah pegunungan saat ini terpaksa mengambil air di sungai dan sebagian lagi mengambil air di sumur warga yang masih berfungsi. Sayangnya, dari 83 desa baru 74 desa yang mendapat bantuan air bersih lantaran tidak semua wilayah bisa dijangkau menggunakan mobil tangki air.

Di Desa Roworejo, Kecamatan Kebumen misalnya, kondisi sumur warga mulai mengering. Warga Dusun Karangasem dan Krajan di desa tersebut terpaksa mengambil air di sumur warga yang berada di bagian bawah. Biasanya saat pagi dan sore hari, warga mengambil air menggunakan bak air dengan cara dipanggul.

Salah satu warga, Rahmad (34) mengatakan, hampir setiap musim kemarau wilayah Desa Roworejo bagian atas mengalami kekeringan. Warga harus mengambil air dari sumur warga secara bergantian. Kekeringan tersebut terjadi lantaran makin rusaknya kondisi alam sekitar, dimana di wilayah tersebut makin sedikit jumlah pohon besar yang berfungsi sebagai tangkapan air. “Setiap pagi kami harus mengantre air,” katanya, Kamis (5/9).

Kepala Seksi Kedaruratan pada BPBD Kebumen, Arif Rahmadi SSos saat dikonfirmasi wartawan menyatakan, bantuan air bersih akan terus dikirimkan ke desa-desa yang mengalami kekeringan selama musim kemarau. Namun, belum semua desa bisa dijangkau oleh mobil tangki air lantaran kondisi medan yang berat.

“Desa-desa yang susah dijangkau tersebut terletak di Kecamatan Ayah, Karanggayam, dan Karangsambung,” katanya.

BPBD sendiri telah melakukan antisipasi terjadinya kesulitan air bersih bagi warga yang tinggal di kawasan pegunungan. Tahun ini BPBD menyiapkan anggaran untuk pengedroban bantuan air bersih sebanyak 2.160 tangki.

Arif Rahmadi mengatakan, beberapa waktu lalu BPBD menyalurkan air bersih di sepuluh desa di enam kecamatan. Yakni Desa Jemur dan Prigi di Kecamatan Pejagoan, Roworejo di Kecamatan Kebumen, Desa Lumbu Kecamatan Kutowinangun, Kecamatan Padureso, Desa Kabuaran Kecamatan Prembun, Desa Tugu dan Desa Banyumudal Kecamatan Buayan.

( Rinto Hariyadi / CN31 / SMNetwork ) sumber

Pembahasan :

WHAT /Apa?

kekeringan akibat musim kemarau

WHO/Siapa?

Warga di 84 desa di Kabupaten Kebumen

WHEN/Kapan?

Kamis, 5 September 2013

WHERE/Dimana?

Desa Roworejo bagian atas Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen

WHY/Mengapa?

Kekeringan tersebut terjadi lantaran makin rusaknya kondisi alam sekitar, dimana di wilayah tersebut makin sedikit jumlah pohon besar yang berfungsi sebagai tangkapan air.

HOW/Bagaimana?

Sebagian besar desa yang berada di wilayah pegunungan saat ini terpaksa mengambil air di sungai dan sebagian lagi mengambil air di sumur warga yang masih berfungsi.

2 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Contoh Menulis Berita 5W + 1H | Bahasa Indonesia SMP
  2. Wonk Urip
    Agu 11, 2014 @ 16:47:38

    Gak Jelas .

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 898,301 hits
%d blogger menyukai ini: